√ 29 Jenis Burung Jalak yang Tersebar di Seluruh Penjuru Dunia

Sebagaimana kita ketahui bahwa di Negera Indonesia jenis burung jalak sangat beragam sekali. Ya, burung jalak banyak sekali jenisnya dan habitatnya tidak hanya di Indonesia saja bahkan sudah tersebar ke seluruh penjuru Dunia.

Oleh para pecinta burung atau para kicau mania, beberapa macam jenis burung jalak saat ini banyak sekali diminati oleh mereka.

Hayo siapa sih yang tidak mengenal burung jalak ? Pasti sebagian besar orang mengenal nama burung ini, khususnya para kicau mania yang sering ikut lomba burung sudah pasti tau tentang burung ini .

Jenis burung jalak adalah burung yang sangat populer karena kicauannya yang sangat indah dan merdu.

Taukah kamu bahwa ketenaran dan kepopuleran dari burung yang satu ini tidak hanya dikenal di Negera Indonesia saja lho, akan tatapi ketenarannya juga sampai ke mancanegara bahkan sampai ke seluruh dunia.

Wah, sangat luar biasa bukan burung ini hehe.

Jenis burung jalak ini tidak hanya satu, melainkan bermacam-macam. Jenis burung tersebut mulai dari jenis burung jalak khas Indonesia dan juga jenis burung jalak khas negara lainnya seperti Malaysia dan China.

Jalak dalam bahasa ingris yaitu starling yang mana artinya ialah sekolompok burung pengicau yang berasal dari suku Sturnidae. Jenis burung ini biasanya mempunyai ukuran tubuh antara 20 cm sampai 25 cm.

Adapun betuk dari burung jalak yaitu cendrung terlihat sangat gagah dan mempunyai paruh tajam, lurus dan kuat.

Ukuran kaki dari burung jalak yaitu panjang dan itu sebanding dengan ukuran tubuh yang dimilikinya. Jalak dapat meniru kicauan burung lain dan volume suaranya juga sangat keras.

Akan tetapi yang membuat kicau mania bangga terhadap burung ini ialah karena burung jalak ini mudah untuk dijinakkan. ?

Tidak bisa dipungkiri juga bahwa ada banyak sekali para penghobi burung kicau mania yang mempunyai jenis burung jalak yang digunakan sebagai masteran atau melatih jenis burung kicauan lain

Selain jenisnya yang bermacam-macam, juga harga dari jenis burung jalak ini juga beraneka ragam dan bisa dibilang sangat terjangkau.

Nah, pada kesempatan kali ini WagaNet,net akan mengupas tuntas tentang semua jenis burung jalak yang ada di seluruh Indonesia dan juga manca negara. Langsung saja yuk baca penjelasannya di bawah ini. ?

Jalak Nias / Kerak Ungu ( Acridotheres tristis)

jenis burung jalak nias bagus

Jenis burung jalak nias yang memiki nama latin Acridotheres tristis, banyak sekali orang yang mengenal dan mengetahui jenis jalak ini dengan sebutan burung jalak kerak ungu.

Habitab dan populasi dari jenis burung jalak nias hanya bisa kamu jumpai di daerah Asia tenggara, Afrika, dan Amerika.

Habitat dari burung jalak nias yaitu hidup diketinggian kurang lebih 3.000 meter di atas permukaan laut, yaitu di kawasan pegunungan.

Adapun harga dari jenis burung jalak yang satu ini ialah antara Rp 300.000 – Rp 700.000. Hmm culup murah bukan ? Apabila berminat ingin membeli jalak nias kamu bisa menemunyai di penjual burung terdekat.

Ciri-ciri jenis burung jalak nias yaitu memiliki warna yang didominasi oleh warna cokelat, selain itu terdapat juga warna hitam tepat di sekitar bagian kepalanya.

Sedangkan kaki dan paruhnya berwarna kuning tua.  Tatapan matanya sangat tajam dan berwarna hitam, berkacamata kuning.

Jalak Thailand / Jalak Hongkong (Sturnus Nigricollis)

jenis burung jalak thailand bagus

Jalak Hongkong atau jalak Tailand mempunyai nama latin yaitu Sturnus Nigricolis. Jenis burung jalak ini mempunyai habitat asli yaitu di hutan kering yang tropis, atau hutan kering yang subrtopis.

Habitat burung jalak thailand bisa kamu jumpai di Wilayah Brunei, China, Kamboja, Thailand, Manyanmar, Vietnam dan Laos.

Adapun harga dari burung ini tidak terlalu mahal yaitu sekitar Rp. 95.000 – Rp. 160.000. Akan tetapi walau harganya cukup murah, jenis burung jalak thailand sangatlah sulit untuk kita temui di Negara Indonesia.

Sehingga yang mempunyai burung jalak tersebut masih belum begitu banyak, atau bahkan dari saking sedikitnya bisa dihitung jari.

Burung jalak Thailand mempunyai ciri-ciri fisik yaitu warna tubuh putih berkombinasi dengan warna hitam. Paruhnya berwarna hitam, mata berwarna hitam di sertai warna kuning yaitu di sekitar kacamatanya.

Kicauan dari jenis burung jalak Thailand ini sudah tidak diragukan lagi keindahannya, sehingga membuat para pecinta jalak sangat menggemarinya.

Jalak Suren / Jalak Uren (Sturnus contra)

jenis burung jalak suren keren

Sangat bagus kan jenis jalak suren ini ? Jalak jenis suren diberi nama latin Sturnus Contra atau bisa juga disebut dengan jalak uren. Jenis burung jalak suren adalah jenis jalak yang mana hibata hidupnya berada di dataran rendah.

Burung tersebut bisa kamu jumpai di sekitar lembah. Adapun perawatan dari jalak ini tidak susah dan bahkan sangat mudah sekali.

Sedangkah harganya lumayan terjangkau yaitu mulai dari harga Rp 500.000 – Rp 1.000.000. Jika berniat untuk membelinya, kamu bisa mencarinya di berbagai penjual burung terdekat jika tersedia

Nah, seperti apa sih ciri-ciri dari jenis burung jalak suren ?

Ciri-cirinya ialah mempunyai ukuran tubuh sekitar 24 cm, warnanya hitam dan putih, dan juga mempunyai warna di antara garis sayap putih. Agar lebih jelasnya kamu bisa lihat gambar di atas.

Di samping itu, jalak suren juga mempunyai paruh yang panjang dan berwarna orange dan kuning. Bola matanya berwarna hitam, dan terdapat seperti kacamata yang berwarna orange yang menyatu sampai ke paruh.

Suaranya sangat merdu dan nyaring, oleh kerena itu banyak sekali para pecinta burung atau kicau mania yang sangat gemar menangkar jalak suren ini. Kamu tertarik untuk memeliharanya.

Jalak Putih / Jalak Bodas (Acridotheres Melanopterus)

jenis burung jalak bodas keren

Jenis burung jalak yang satu ini di kasi nama latin Acridotheres Melanopterus, atau bisa di kenal juga sebagai burung jalak bodas.

Habitat dari burung jalak tersebut yaitu hidup di dataran rendah tepatnya di daerah Pulau Jawa, biasanya burung jalak ini bisa kamu temukan di hutan-hutan dataran rendah.

Adapun harga jenis burung jalak putih yaitu kisaran Rp 2000.000 – Rp 3000.000. Nah, kalau kamu berminat membelinya untuk dipelihara di rumah, maka kamu bisa mengunjungi tempat penjualan burung yang ada didekat kota kamu.

Sementara ciri-ciri fisik dari jenis burung ini yaitu berwarna kuning, mata hitam diliputi kacamata yang warnanya putih.

Sedangkan di seluruh tubuhnya di dominasi oleh warna putih dengan kombinasi warna hitam pada bagian ekor dan sayapnya. Suara burung jalak putih sangat merdu sekali sehingga banyak sekali penggemarnya.

Jalak Kerbau / Jalak Kebo / Jalak Penyu / Hitam (Acridotheres javanicus)

jenis burung jalak kerbau seram

Jalak kerbau atau nama latinnya ialah Acridotheres Javanicus. Burung jalak yang satu ini memiliki banyak nama seperti misalnya Jalak penyu, jalak hitam dan jalak kebo. Tampilan dari jalak kerbau ini bisa dibilang sangat sangar.

Jenis burung jalak kerbau sangat mudah dalam perawatannya sehingga banyak orang yang menangkarnya.

Untuk harganya sendiri bisa di bilang sangatlah murah yaitu kisaran  Rp 150.000 – Rp 300.000 saja. Jika berniat ingin memliharanya kamu bisa mendapatkannya di tempat penjual burung yang ada di sekitar kamu dan insyaallah tersedia. ?

Habitat dari jenis burung jalak kerbau yaitu di dataran rendah. Oh iya kenapa burung jalak ini disebut jalak kerbau ? Burung ini dikatakan burung kerbau sebab ketika mencari makan ia selalu  berada di atas punggung kerbau.

Adapun makanan dari burung jalak kerbau yaitu antara lain seperti serangga, ulat hongkong, buah-buahan, jangkrik, kroto dan kutu kerbau.

Jalak tersebut mempunyai ciri fisik antara lain memiliki warna tubuh abu-abu dan hitam, mempunyai corak mata yang tajam dan berwarna hitam, kaki dan paruhnya berwarna hitam serta terdapat kacamata berwarna putih.

Dengan ciri-ciri tersebut maka burung ini terlihat tampak seram. Jika kamu masih belum pernah melihat jalak kerbau, kamu bisa lihat gambar di atas.

Jalak Bali (Leucopsar rothschildi)

jenis burung jalak bali cantik

Jalak bali atau nama latinnya Leucopsar Rothschildi merupakan burung jalak yang habitatnya bisa kamu jumpai di Pulau Bali. Karena habitatnya berada di Pulau Bali maka burung ini di kasi nama burung jalak bali.

Kelebihan jalak bali dari pada burung yang lain yaitu bisa menari sambil berkicau, disamping itu ke istimewaan dari jalak bali ini ialah mempunyai tubuh yang ramping dan juga bulu yang sangat halus.

Adapun haraga dari burung ini lumayan mahal yaitu kurang lebih Rp 6.000.000 – Rp 16-000.000. Harga segitu sangat pantas kerena memang jenis burung jalak bali ini sangat cantik sekali.

Ciri fisiknya yaitu paruh terlihat memiliki warna hitam ke abu-abuan. Selain itu jalak bali juga memiliki mata yang hitam serta terdapat kacamata berwarna biru tua. Sedangkah pada bagian tubuhnya di penuhi bulu putih yang sangat halus.

Nah, agar lebih jelasnya, kamu bisa lihat gambar di atas. Gimana sangat cantik dan bersih kan ? Saat ini penggemar burung jalak bali sangat banyak lho. Hal itu tidak lain dan tidak bukan karena kicauan dari burung ini sangat merdu.

Jalak Mawar / Rosy Starling (Pastor roseus)

jenis burung jalak mawar unik

Jenis jalak mawar yang satu ini mempunyai suara yang sangat merdu sekali, selain itu bentuk tubuhnya juga sangat indah. Habitat dari burung tersebut bisa kamu temui yaitu di pegunungan wilayah Indonesia.

Jenis jalak mawar merupakan jenis burung migrasi dan pupulasinya saat ini sudah tersebar di berbagai wilayah seperti Ukraina, Tiongkok, Iran dan Turki.

Biasanya pada saat musih kawin tiba spesies burung jalak mawar berimigrasi hingga ke Negera Sri Lanka, India dan Indonesia. Dan ternyata burung ini juga pernah singgah di daerah Bandung, Bali dan Jogja.

Harga dari burung ini tidak terlalu mahal yaitu antara 600.000 – 1.000.000 dan kamu bisa mendapatkannya di penjual burung.

Ciri fisik jalak mawar yaitu memiliki leher, tunggir, ekor berwarna hitam, kepala sayap dan jambul. Jalak mawar memiliki paruh yang pendek dan warnanya merah muda. Uniknya lagi paruh tersebut bisa berubah menjadi cokelat pada saat musim dingin tiba.

Jalak Brahmana (Brahminy starling)

jenis burung jalak brahma unik

Habitat dari jenis jalak brahma biasanya sering di jumpai dalam kepulauan kecil di kawasan hutan kering, di Wilayah Asia Selatan, Pekanbaru, Kuil, dan Kawasan candi. Karena jalak brahma selalu berada di kawasan candi maka jalak tersebut bisa di sebut juga sebagai jalak pagoda.

Harga dari burung jalak ini lumayan mahal yaitu antara Rp 1.500.000 – Rp 2.500.000, tapi harga tersebut tergantung pada jenis dan penjualannya.

Jika kamu ingin memelihara jalak brahma tersebut, kamu bisa memperolehnya di tempat penjual burung di kota kamu bila tersedia.

Burung jalak brahma mempunyai ciri fisik antara lain kicauannya yang sangat merdu dan mempunyai sayap berwarna cokelat ke abu-abuan.

Sedangkah warna paruhnya kuning dan hitam serta matanya berwana hitam serta terdapat kacamata putih.

Adapun makanannya ialah buah-buahan manis seperti misalnya pisang kepok, pepaya, dan lain sebaginya.

Jalak Sutra / Jalak Kapas (Sturnus Sturninus)

jenis burung jalak sutera unik

Jalak sutra atau nama latinnya ialah Sturnus merupakan jenis jalak yang mana habitatnya selalu berimigrasi dari Negara China, kaki gunung himalayah, serta Serbia kemudian menuju Indonesia tepatnya pada bulan maret.

Harga burung ini sangat murah sekali yaitu sekitar 80.000 / pasang dan jika kamu berniat untuk memeliharanya maka kamu bisa mendapatkannya di penjual burung terdekat.

Burung jalak ini sama dengan jalak lainnya yaitu mempunyai ciri ciri fisik. Adapun ciri-ciri fisik tersebut ialah seperti mempunyai warna abu-abu pada bagian kepala dan juga di sekitar dada. Sedangkah ekor dan punggungnya mempunyai warna hitam.

Adapun bunyi atau kicauan burung jalak sutra tersebut sangatlah merdu sehingga cocok bagi para penikmat kicauan burung pada pagi hari.

Berkat kicauannya yang indah dan merdu sehingga banyak sekali para penggemar burung jalak yang satu ini. Selain kicauannya yang merdu juga harganya sangat bersahabat. Kamu tertarik untuk memelihara burung jalak sutra ?

Jalak Eropa / European Starling (Sturnus vulgaris)

jenis burung jalak eropa unik

Jenis burung jalak eropa atau kalau bahasa ingirisnya yaitu European Starling merupakan jenis jalak yang sangat pintar yaitu banyak meniru berbagai macam suara burung sehingga alhasil suara jalak eropa tersebut sangat bervariasi.

Habitat dari jenis jalak eropa ini biasanya sering di jumpai di Negara Eropa, dan juga Wilayah Asia Barat. Jalak eropa saat ini sudah tersebar luar di daerah Selaindia Baru, Afrika, Amerika Utara, Australia, dan Argentina.

Namun burung yang satu ini seringkali oleh masyarakat di anggap sebagai hama, hal itu tidak lain dan tidak bukan karena banyak merusak lahan perkebunan para petani.

Adapun harga burung jalak eropa lumayan mahal yaitu antara Rp 1.500.000 – Rp 2000.000 dan bila kamu tertarik ingin membelinya maka kamu bisa mendapatkannya di penjual burung yang ada di kota kamu. ?

Ciri-ciri burung jalak tersebut yaitu memiliki panjang tubuh kira-kira 20 cm. Selain itu juga terdapat bulu hitam yang sangat mengkilap dan juga di sertai dengan bintik-bintik.

Paruh dari burung ini berwarna hitam akan tetapi warna tersebut akan menjadi kuning apabila musim panas tiba.

Dengan mata yang berwana hitam dan suara yang merdu membuat burung jalak eropa banyak diminati oleh pecinta burung.

Jalak Filipina / Komukudori (Agropsar philippensis)

jenis jalak pilipina bagus

Jalak Filipina merupakan jenis jalak yang habitat aslinya berada di Negara Jepang, akan tetapi burung jalak tersebut sering berimigrasi ke wilayah Filipina dan juga Indonesia.

Di Indonesia jenis jalak Filipina ini sangat populer dengan nama jalak China atau di kenal juga jalak migran.

Jika kamu ingin membeli jalak ini maka kamu bisa mendapatkannya di tempat penjual burung yang ada di sekitar kamu dan haraganya juga sangat terjangkau yaitu antara Rp 600.000 – Rp 800.000 .

Jenis jalak filipina mempunyai ciri fisik atara lain memiliki panjang tubuh 18 cm. Sedangkan tubuh bagian atas berwarna ungu gelap. Sayapnya mempunyai warna putih dan ekornya berwarna hitam.

Selain itu, ciri-ciri selanjutnya ialah terdapat bercak cokelat di area pipinya. Mempunyai paruh hitam dan mata hitam. Kicau jalak filipina sangat berfariasi sehingga banyak penggemarnya.

Jalak Rio / Rio-Rio / Jalak Tunggir Merah (Scissirostrum dubium)

jenis jalak rio rio

Burung jalak rio mempunyai nama latin Scissorostrum Dubium dan jalak ini umunya dikenal dengan nama jalak tunggir merah.

Jalak rio-rio adalah jenis burung endemik dan daerah Sulawesi. Namun saat ini keberadaan burung tersebut habitatnya seringkali di jumpai yaitu di wilayah gunung dubbs dan subang.

Harga dari burung ini bisa dikatakan murah sebab harganya hanya Rp 350.000 dan bisa kamu dapatkan di penjual burung yang ada di kotamu.

Jalak rio-rio memiliki ciri fisik yaitu paruh yang warnanya kuning tua serta mempunyai warna kombinasi antara hitam dan abu-abu.

Sedangkan pada ekornya mempunyai warna bercak merah sehingga burung jalak rio di sebut juga jalak tunggir merah. Gimana kamu tertarik untuk memeliharanya di rumah ?

Jalak Afrika / Superb Starling (Lamprotornis superbus)

jenis jalak afrika unik

Jalak Superb Starling merupakan jenis jalak yang mempunyai kicauan atau suara yang hampir mirip dengan kicau jalak hongkong dan jalak suren.

Jalak ini habitat aslinya berasal dari Afrika Timur, seperti Ugana, Kenya, Somalia, Ethiopia dan juga Negera Tanzania.

Harga burung jalak afrika tersebut lumayan mahal yaitu Rp 2.600.000 dan jika berniat untuk memeliharanya maka kamu bisa mendapatkannya di penjual burung di sekitar kamu apabila tersedia.

Ciri-ciri fisik dari burung jalak afrika ini yaitu atara lain mempunyai warna unik yaitu dengan tubuh berwarna biru mengkilap, sedangkan pada bagian bawahnya mempunyai warna cokelat.

Mata jalak afrika dominan berwarna putih dan sedikit titik hitam, dengan paruh yang berwarna hitam.

Jenis Jalak Lainnya

 

The Golden Breasted Starling (Lamprotornis regius)

burung jalak unik

The Red Winged Starling (Onychognathus morio)

jenis jalak

Greater Blue Eared Starling (Lamprotornis chalybaeus)

jenis burung jalak unik

The Yellow Faced Myna (Mino dumontii)

jenis burung jalak cantik

Bagi kamu yang gemar memelihara burung jalak dan juga hoby mengikuti lomba, maka kalau boleh kami sarankan yaitu supaya menggunakan jalak jenis suren untuk kemudian di peliharanya.

Kenapa demikan ? Sebab burung jalak suren selain suaranya yang sangat indah dan bisa menirukan burung lain, jenis jalak yang satu ini juga mudah jinak.

Itulah beberapa ulasan mengenai jenis burung jalak yang tersebar di seluruh Indonesia bahkan Dunia. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan kamu. Terimakasih telah berkunjung.?

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: