√ 99 Gambar Burung Langka, Unik, dan Cantik. Kamu Wajib Tau !

Gambar Burung – Di Indonesia sendiri ada banyak sekali jenis dan macam-macam burung yang mungkin belum kamu ketahui. Dan sebagian dari burung-burung tersebut masuk ke dalam kategori burung yang langka dan dilindungi oleh pemerintah .

Nah, kenapa jenis burung-burung langka tersebut dilingdungi ? Sebab jika tidak lindungi maka keberadaan burung-burung tersebut akan semakin punah akibat ulah manusia yang tidak bertanggung jawab.

Oleh kerena itu sepatutnya kita sebagai warganegara juga harus ikut andil dalam menjaga dan merawat kelestarian burung langka tersebut. Dan jangan sampai kita yang menjadi penyebab burung tersebut menjadi punah di muka bumi ini. ?

Mungkin kamu masih belum tau kira-kira apa saja burung yang sudah langkah tersebut. Baiklah sekarang Warganet.Net akan memberikan informasi kepada kamu tentang burung langka.

Langsung saja berikut ini nama-nama burung yang sudah langkah lengkap dengan gambarnya.

Gambar Burung Cendrawasih

gambar burung langka

Salah satu burung yang sangat cantik dan indah ialah burung cendrawasih. Pasti kamu sudah tau kan burung ini ? Awas hati-hati lho ya kalau ketemu sama burung ini jangan langsung ditangkap lalau di bawah pulang ke rumah untuk di pelihara.

Mungkin kamu bertanya kenapa kok tidak bisa kita pelihara ? Sebab burung cantik ini dilindungi oleh pemerintah sehingga tidak sembarang orang memilikinya. Jadi daripada kamu nanti di hukum karena masalah ini mending kamu lepasin aja tuh burung hehe.

Kamu tau burung ini habitat aslinya ada dimana ? Ya, burung cendrawasih ini habitat aslinya ada di Indoneisa bagian timur tepatnya di Papua dan sebagian dari wilayah Australia timur.

Karena bulunya yang cantik dan menawan dengan berbagai corak bulu yang berwarna-warni dan bisa memikat hati bagi siapa saja yang melihatnya, maka burung cendrawasih ini dikategorikan sebagai salah satu jenis burung tercantik.

Kalau kita lihat pada gambar burung cedrawasih di atas, terlihat bulunya sangat halus apalagi burung cendrawasih yang jantan, pasti sangat halus.

Oh iya, untuk spesies burung yang satu ini sebenarya sangat banyak, akan tetapi yang paling indah dan cantik ialah burung cendrawasih yang bulunya berwana merah.

Burung cendrawasih dengan spesies tersebut juga termasuk burung yang langkah dan dilindungi oleh pemerintah.

Jadi jika kamu punya keinginan memelihara burung tersebut dirumah, maka sebenarnya itu hal yang mustahil dan kamu tidak akan bisa sebab sangat sulit sekali untuk memperolehnya.

Gambar Burung Merak

gambar burung merak cantik

Menurut pendapat kamu ketika melihat gambar burung merak di atas gimana ? Sangat indah bukan ? Ya, jika kita lihat sekilas bulu dari burung merak ini luar biasa sangat cantik dan indah tak kalah dengan burung cendrawasih yang ada di Papua.

Burung jantah apabila dekat dengan burung betina juga mempunyai ekor yang menjuntai dan terlihat mekar.

Oleh karena itu alhasil bulu yang indah dari burung merek tarsebut kini dijadikan sebagai pernik reog ponorogo yang menjadikannya terlihat lebih elegan dan indah.

Kamu tau kira-kira spesies burung merak yang mana habitat aslinya berasal dari Jawa itu apa ?

Ya, spesies burung merak tersebut ialah merak hijau. Sesuai dengan namanya, merak tersebut memiliki bulu cantik berwarna hijau keemasan.

Untuk ukurannya sendiri kalau burung merak jantan sangat besar dan panjangnya mencapai 300 cm. Selain itu penutup ekornya juga cukup panjang. Yang membuat burung merak ini terlihat catik selain bulunya yaitu terdapat jambul tegak yang ada di atas kepalanya.

Sedangkan untuk ukuran burung merak yang betina lebih kecil daripada yang jantan. Selain itu perbedaanya juga terletak pada bulunya, kalau yang betina bulunya kurang mengkilap dan juga warnanya yang hijau ke abua-abuan tanpa ada hiasan bulu sebagai penutup ekornya.

Spesies burung yang lainya juga bisa kamu temukan di India yaitu burung merak biru yang habitat asalnya dari India. Burung merak biru ini makanannya biasanya berupa pucuk rumput, dedaunan, biji-bijian dan juga berbagai serangga dan hewan kecil lainnya seperti laba laba, kadal kecil, dan cacing.

Jika burung merak hijau merupakan burung nasional di Indonesia, maka burung merak biru juga menjadi burung nasional di India.

Kenapa burung merak biru ini merupakan burung nasional di India ? Karena burung merak biru tersebut sangat erat sekali kaitannya dengan metologi agama hindu , budha, maupun kebudayaan masyarakat Negara India.

Gambar Burung Garuda / Elang Jawa

burung langka

Giamana kamu pernah tidak melihat gambar burung seperti yang ada di atas ? Keren bukan. Kamu tau gambar burung di atas itu namanya apa ? Ya, Burung tersebut ialah garuda atau bisa disebut juga sebagai elang jawa.

Burung jawa tersebut merupakan burung yang berasal dari mitologi masyarakat jawa kuno. Tidak hanya itu, bahkan burung garuda ini sampai sekarang masih dipengaruhi oleh budaya hindu buda zaman dulu.

Burung garuda ini juga dijadikan sebagai lambang Negara Indonesia yang di sebut sebagai pancasila. Nah, apabila kamu amati burung garuda tersebut, pasti kamu akan menemukan jambul, dan itu sangat mirip sekali dengan elang jawa yang juga mempunyai jambul.

Sebenernya untuk membuktikan bahwa kedua burung ini sama, sangatlah gampang sekali sebab ada beberapa ciri fisik di antara keduanya yang bisa membuktikan bahwa burung tersebut sebenarnya sama.

Oleh karena itu mengapa kebanyakan orang bilang bahwa burung elang jawa sebagai burung garuda yang merupakan burung asli tanah air Indonesia.

Kira-kira apa ciri-cirinya ? Biasanya pada elang jawa yang sudah dewasa mempunyai bentuk tubuh yang tegap, dan bulunya sangat lebat. Sedangkan panjang tubuhnya mencapai 60 cm selain itu elang tersebut juga mempunyai jambul hitam di atas kepalanya.

Bulu pada punggung elang jawa ini mempunyai warna yang gelap. Disamping itu bulu pada bagian sisi kepala mempunyai warna yang cokelat kemerah-merahan dan ditambah lagi coretan vertical yang terdapat pada bagian tenggorokan.

Sementara itu pada bagian dada elang jawa ada garis horizontal yang warnanya hitam dan mempunyai bekcround berwarna putih.

Cara terbang dari burung ini yaitu dengan cara membulatkan sayapnya dan kemudian menekuknya ke arah atas.

Hal ini bentuknya mirip dengan huruf V apalagi pada bagian tepi sayapnya juga terlihat adanya sebuah garis-garis. Nah, hal iniah yang kemudian membuat burung elang jawa ini tampak terlihat sangat indah dan kuat.

Gambar Burung Elang

gambar burung langka

Siapa yang tidak kenal dengan burung yang satu ini. Ya, burung elang ini memang dikenal oleh siapa saja termasuk kamu hehe. Elang ini termasuk jenis burung predator atau burung pemangsa yang ditakuti oleh hewan-hewan lain.

Penglihatan dari burung elang ini sangatlah tajam sehingga bisa membantu dia untuk mengetahui keberadaan mangsa dari arah yang sangat jauh.

Kamu tau makanan burung elang ini apa ? Makanan burung ini ialah antara aian mamalia kecil, burung kecil, kelelawar, maupun ikan di laut.

Gigi Burung Elang 

Gigi burung elang sangatlah tajam dan runcing sehingga alhasil sangat cocok sekali apabila digunakan untuk menangkap mangasa.

Untuk menangkap mangsanya burung elang ini menggunakan paruh tajamnya dan kemudian menggigit mangsanya yaitu pada bagian bawah tenggorokannya.

Hal ini pasti secara tidak langsung bisa membuat sang mangsa terbunuh sebalum ia memakanya.

Paruh burung ini dibuat keratin sehingga akan terus semakin berkembang seperiti halnya kuku dan rambut.

Sedangkan untuk membelah mangsanya burung elang ini menggunakan ujung paruh bengkoknya dan ukuran paruhnya juga hampir sama dengan panjang kepalanya.

Kaki Burung Elang

Burung elang memiliki cakar besar sehingga kuat dan kokoh. Hal ini membuat burung elang dapat menangkap mangsanya, baik itu yang berada di air maupun di tanah walaupun burung elang ini berada di udara.

Selain itu cakar burung elang bahkan juga mampu membawa mangsa dengan berat badan yang bisa di bilang melebihi berat dari elang itu sendiri. Wah, mengerikan kan sobat hehe.

Gambar Burung Hantu

gambar burung unik

Gambar burung hantu yang ada di atas dapat kamu amati secara jelas baik itu dari bentuk mukanya yang khas dan mirip dengan buah apel, sampai pada penglihatannya yang sangat tajam.

Agar kamu lebih paham langsung saja yuk kita bahas secara mendetail apa saja ciri-cirinya.

Penglihatan Burung Hantu 

Burung hantu sendiri memiliki penglihatan yang sangat tajam sehingga bisa membantu ia dalam mencari mangsanya yaitu berupa burung tikus maupun burung kecil. Mata tajam memang sangat dibutuhkan oleh burung hantu ini sebab burung ini sukanya berkeliaran di malam hari.

Yang lebih unik lagi, burung hantu ini ternyata bisa memutar kepalanya hingga sampai 135 derajad lho. Namu meskipun begitu, burung hantu juga mempunyai kelemahan.

Nah, apa kelemahan dari burung hantu tersebut ? Kelemahan burung tersebut ialah mempunyai rabun dekat. Sehingga membuatnya tidak dapat melihat secara jelas terhadap apa yang ada di depannya dalam jarak yang dekat.

Bentuk Muka Burung Hantu 

Adapun salah satu ciri fisik yang terlihat sangat jelas pada gambar burung hantu di atas ialah bentuk mukanya yang menyerupai manusia dan kedua mata yang menghadap ke depan.

Hal ini membuat burung hantu ini terkesan sangat menyeramkan. Nah, sedangkan pada spesies burung hantu barn owl atau celepun, umumnya bentuk mukanya sangat mirip dengan bentuk hati.

Bentuk Paruh Gambar Burung Hantu

Adapun bentuk paruh dari burung hantu ini ialah membengkok ke bawah dan juga sangat tajam. Selain itu burung ini juga mempunyai jambul yang begitu lembut.

Gambar Burung Merpati

gambar burung merpati

 

Untuk mengamati akan keindahan burung yang satu ini maka kami dapat melihat gambar burung merpati di atas dengan berbagai macam jenis. Biasanya yang paling banyak di pelihara oleh masyarakat Indonesia ialah jenis merpati ini.

Tidak hanya itu bahkan ada lho yang mengkomsumsi burung merpati, katanya sih enak mungkin kamu pernah mengkomsumsinya hehe.

Taukah kamu bahwa burung merpati ini dikenal dengan burung yang sangat setia dengan pasangannya. Adapun ciri ciri merpati yaitu mempunyai ciri ciri yang  sangat terlihat jelas seperti berikut ini.

Paruh Kecil 

Paruh merpati sangatlah kecil akan tetapi ujungnya lancip. Sedangkan merpati yang memiliki paruh yang sedang, termasuk juga merupakan burung merpati yang berkualitas.

Jika jarak antara ujung paruh dan kepala merpati tak terlalu lebar itu menandakan bahwa merpati tersebut berkualitas.

Kepala Berbatok

Adapaun ciri-ciri yang kedua yang bisa kamu lihat dan perhatikan ialah pada bentuk kepalanya yang sangat unik.

Batok kepala merupakan tanda burung merpati tersebut berkualitas atau tidak dan biasanya merpati yang berkualitas memiliki derajad kemiringan batok kepala depan dan pangkal hidung berukuran 44 -59 derajad.

Mata Berbentuk Bundar dan Berwarna Dua

Kamu dapat memperhatikan gambar burung merpati dengan bola mata yang bundar dan sempurna. Adapun warna mata dari burung merpati ini berbeda antara kornea mata dan pupilnya.

Panduan warna mata pada burung ini bisa kuning muda dan kuning tua, hijau tua dan merah tua atau warna lainnya.

Gambar Burung Beo

gambar burung beo cerdas

Kamu pernah dengar nama burung beo ini ? Atau pernah menjumpainya ? Ya, pasti sebagian besar orang kenal dengan burung yang satu ini. Burung in di kenal dengan burung yang sangat cerdas dan mampu menirukan percakapan manusia sehingga menjadikan burung ini sangat populer dan istimewa.

Untuk wilayah penyebaran burung beo ini yaitu di Negara Sri Lanka, Filipina, Hindia, dan Himalaya. Tidak hanya di negara itu bahkan penyebaran burung beo ini sampai di wilayah Sunda kecil dan Jawa.

Sedangkan habitatnya yaitu berada di dataran renda dan tinggi hingga 2000 meter. Kerena kemampuannya dalam meniru pembicaraannya manuasia ini sehigga banyak sekali masyarakat yang memeliharannya.

Karena kepintarannya dalam berbicara maka tidak heran jika harga yang ditawarkan burung beo ini sangatlah mahal yaitu mencapai 4 jutaan rupiah. Perlu kamu ketahuan bahwa harga burung beo tersebut ialah harga yang burung beo yang paling rendah alias murah.

Gambar Burung Pipit

gambar burung pipit keren

Kamu pernah liat burung pipit ? Ya, burung yang satu ini mempunyai tubuh yang sangat mungil sekali. Ukuran panjang tubunya Hanya mencapi 9-11 cm dan beratnya hanya mencapai 11-14 gram saja.

Biasanya burung bibit jantan mempunyai bentuk yang agak sedikit lebar kalau dibandingkan pipit betina. pada bagian kuku dari burung ini pada umumnya tumbuh sangat cepat.

Kamu tau habitat burung ini ada dimana ? Habitat burung pipit ini berada di wilayah yang terbuka dan dekat dengan sumber makanan mereka yaitu berupa biji-bijian seperti misalnya milet, biji padi dan lain-lain.

Intinya dimana ada sebuah rumput dan biji-bijian yang baik dan atau dipandang rumput seperti sawah. Nah maka disitulah Habitat burung pipit.

Selain habitat, burung pipit juga mempunyai sarang untuk berteduh dari terik matahari dan hujan. Biasanya sarangnya berada diatas pohon kelapa, pohon pinang ataupun pohon jambu dengan daun yang lebat atau rindang.

Perkembang Biakan Burung Pipit 

Pada saat musim kawin tiba biasanya makanan burung pipit ialah daun hijau dan serangga untuk penambahan nutrisi.

Akan tetapi jika burung pipit peliaraan sangatlah bervariasi dan tergantung selera. Contohnya sepeti misalnya remah roti, pupa semut, beras. tauge, ulang hongkong dan juga parutan wortel.

Mungkin kamu bertanya kira-kira usia kawin burung pipit ini berapa sih ? Usia kawin burung pipit ini sekitar 7 bulanan. dan waktunya biasanya pada saat musim hujan.

Sarang dari burung ini terbuat dari rumput kering dan bahan sabut kelapa dan bentuknya bulat dengan lubang pada satu sisi yang digunakan sebagai tempat keluar masuk induknya.

Pada umumnya burung yang satu ini mampu menghasilkan telur selama satu pereode yaitu sekitar 4-7 butir telur. Uniknya telur tersebut baru akan di erami apabila telur yang ketiga sudah keluar.

Untuk pengeramannya sendiri tidak hanya dilakukan oleh burung pipit betina saja melainkan juga yang jantan namun secara bergantian dan lamanya sekitar 13-14 hari.

Setelah di erami dan telurnya sudah menetas, maka burung pipit sudah mulai belajar terbang ketika sudah berumur 22-26 hari. Biasanya warna dari burung pipit yang masih mudah ialah cokelat mudah polos.

Gambar Burung Kakak Tua

gambar burung kakak tua cerdas

Adapun jenis dari burung kakak tua ini sangatlah banyak dan kamu dapat mengamatinya lewat gambar burung kakak tua ini.

Burung ini tergolong burung yang cerdas dan hampir sama dengan burung beo yang dapat berbicara dengan sangat bagus. Apalagi saat terbang postur tubuhnya akan kelihatan lebih besar sebab sayapnya mampu mencapai setengah meter.

Gimana keren buka burung yang satu ini ?

Burung kakak tua ini pada umumnya selalu menjadi penghuni dari hutan premier ataupun hutan sekuder tinggi yang berada di tepi hutan, dan juga hutan yang tinggi dan bersemak.

Di Sulawesi ketinggian habitat burung ini yaitu mencapai 900 meter, di Sumbawa 1000 meter, Flores 700 meter, Lombok 1520 meter, dan di Timor-timor memiliki ketinggian sampai 500 meter.

Gambar Burung Nuri

gambar burung nuri cantik

Jenis burung nuri yang sangat indah dan cantik ini memang sangat menyita perhatian banyak penggemar burung. Makanan dari burung ini juga tidak terlalu susah. Ya, makanan burung burung nuri hanya buah buahan, biji-bijian dan tepung sari.

Adapun suaranya sangat tajam dan keras sehingga kalau kamu berada di dekatnya mungkin tidak akan kuat hehe.

Nuri Sayap Hitam Atau Nuri Merah Biak 

Jenis burung nuri yang pertama adalah nuri sayap hitam. Ukuran dari nuri jenis ini yaitu tidak terlalu besar dan kecil namun sedang, juga memiliki panjang sekitar 30 cm.

Burung yang satu ini bulunya berwanah merah cerah, dan di sekitara telinga dari burung ini yaitu terdapat bercak ungu.

Warna punggunya hitam, selain itu paruhny sangat cantik dengan warna merah kekuningan.

Sedangkah iris dari mata burung nuri ini berwarna merah. Selain itu, sayapnya juga mempunyai warna hitam akan tetapi yang sayapnya hitam tersebut hanya terdapat di hutan pesisir pulau biak dan pulau yang berada di sekitar teluk cendrawasih papuk.

Untuk sarangnya banyak ditemuakan di perkebunan kelapa.

Gambar Burung Rajawali

gambar burung langka

Burung rajawali ini mempunyai usia yang sangat panjang. Kamu ingin tau usia burung rajawali itu sampai berapa tahun ? Ya usia burung ini bisa mencapai 70 tahun. Dan burung ini termasuk kedalam burung yang sangat populer.

Akan tetapi untuk mecapai usia yang ke 70 tahun, tidak lah gampang, pasalanya untuk mencapai umur segitu ia harus melewati transformasi tubuh yang bisa di bilang sangat menyakitkan.

Pada saat itu merupakan waktu pilihan, dimana burung rajawali harus menentukan pilihannya tersebut yaitu apakah mau melewati masa ini atau hanya ingin melalui sisa hidup tanpa melalui proses yang menyakitkan tersebut, tapi sudah pasti jija tidak melewati proses tersebut hidupnya akan singkat.

Pada saat usianya yang sudah mencapai 40 tahun maka paruh burung rajawali ini sangatlah panjang dan membengkok hingga sampai ke lehernya Dan tentu saja hal ini membuat burung tersebut agak mulai sulit untuk memakan sesuatu.

Selain paruhnya yang begitu panjang, juga cakar yang ia miliki sangat tajam. Sedangkah bulunya juga sangat tebal sehingga membuat ia kesulitan untuk bisa terbang tinggi

Sebagaimana sudah dijelaskan diatas bahwa burung rajawali ini dihadapkan pada sebuah pilihan dan seandainya burung ini memutuskan untuk bertransformasi dan ingin hidup lebih lama lagi maka burung rajawali tersebut harus terbang sampai pada pegunungan yang tinggi.

Nah setelah sampai di pegunungan yang tinggi lalu disitulah ia harus membangun sarang di puncak gunung yang tinggi tersebut.

Nah, di situlah kemudiah burung rajawali mamatuk bebatuan hingga paruhnya lepas.

Ketika paruhnya lepas, selang beberapa lama, maka paruh tersebut tumbuh kembali. Ketika paruhnya tumbuh baru, kemudian ia gunakan untuk mencabuti kukunya dan sambil menunggu kuku tersebut tumbuh lagi yang baru.

Perjuangan tidak sampai disitu, setelah selesai mencabut kukunya, ia pun melanjutkan untuk mencabut bulu sayap supaya rontok semua dan kemudian tumbuh lagi sayap yang baru dan bagus.

Setelah fase yang begitu menyakitkan tersebut sudah dilewati, maka kini burung rajawali tersebut bisa melanjutkan kehidupan yang normal seperti sediakala dan bisa terbang dengan mudah.

Masa masa transformasi burung rajawali tidak lah singkat, ia harus menempunya sekitar setengah tahun hingga ia bisa menikmati dan hidup lebih lama lagi yaitu mencapai 70 tahun.

Gambar Burung Gagak

gambar burung gagak unik

Sudah pasti kamu tidak asing lagi dengan burung gagak ini iya kan ? Populasi dari burung ini sudah tersebar hingga keseluruh benua selain benua Amereka selatan.

Burung gagak ini mempnyai sebutan sebagai jenis burung yang paling pintar. Tidak hanya itu, selain burung paling pintar, ia juga termasuk burung yang bisa dibilang sangat aneh.

Kenapa dibilang burung eneh ? Sebab ketika saat masih kecil burung tersebut berwarna putih dan bahkan dapat bertahan hidup walaupun tanpa dibantu oleh induknya. Bisa dikatakan burung ini burung yang udah mandiri sejak kecil.

Usut punya usut kenapa burung ini dapat hidup walau tidak dibatu oleh induknya, ternyata burung gagak kecil bisa mengeluarkan bau khasnya sehingga banyak mengundang serangga kecil yang kemudian nanti dimakan oleh anak burung gagak yang masih bayi itu.

Ketika warna burung gagak sudah mulai menghitam, baru kemudian induknya kembali kesarangnya. Jika sebelumnya warnanya putih lalu kemudiah berubah hitam maka menandakan bahwa burung ini sudah mulai beranjak dewasa.

Lalu apa sih tujuan iduknya tersebut kembali kesarangnya lagi ? Tujuannya ialah untuk mengajari anaknya untuk terbang.

Gambar Burung Dara

gambar burung dara unik

Burung ini hampir sama dengan burung merpati dan pasti kamu sudah megetahuinya. Coba deh kamu perhatikan gambar burung darah tersebut pasti kamu akan berpendapat bahwa burung ini tidak ada bedanya dengan burung merpati

Ukuran dari burung darah ini tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu panjang. Sedangkah paruh burung darah yang bagus biasanya bentukanya runcing pada ujungnya.

Selain paruh, kamu bisa lihat ciri-cirinya yaitu pada matanya, jika matanya mempunyai respon terhadap perangsang sinar cahaya, maka itu tandanya bagus.

Burung darah yang tergolong bagus biasanya mempunyai dua warna mata seperti perpaduan antara hijau tua dan merah tua. Cara melihat warna mata tersebut yaitu ketika burung darah berada di tempat yang teduh.

Selain itu burung darah yang bagus juga memiliki lubang atau puil hidung yang ukurannya sedang. Burung darah yang bagus juga memiliki sayap yang cendrung lentur dan kuat dengan bulu yang runcing dan rapat pada bagian ujungnya.

Burung darah juga mempunyai sapit udang yang dapat mempengaruhi terhadap kualitas turun burung itu. Biasanya sapit udang yang berukuran melebihi 1 cm, akan membuat ia cendrung lebih stabil dan tidak bergoyang ketika turun.

Selain sapit udang, ternyata brutu juga mempengaruhi sistem kerja organ dalam burung dara. Pada umumnya burung yang masuk kategori bagus ialah memiliki brutu atau pinggang yang jaraknya rapat bisa besar atau kecil.

Nah, brutu yang rapat tersebut akan membuat burung dara ketika turun lebih stabil dan tak bergoyang.

Gambar Burung Kolibri

gambar burung kolibri cantik

Kamu pernah liat burung yang satu ini ? Jika belum kamu bisa lihat gambar burung kolibri diatas. Gimana sangat indah bukan ?

Jenis burung ini disebut juga sebagai burung madu karena memang makanan dari burung tersebut yaitu madu dari sari-sari bunga.

Adapun habitat dari burung kolibri ini sebagian besar berada di Amerika utara dan Amerika selatan.

Jika kita ngomong masalah keindahan warnanya tentu saja keindahan dari burung ini tidak diragukan lagi. Taukah kamu bahwa burung kolibri ini mempunyai 999 bulu dengan warna yang bermacam-macam. Wau sangat luar biasa sekali bukan. ?

Hal ini membuat burung tersebut terlihat tampak semakin cantik dan indah ketika sedang terbang.

Selain terkenal karena warnanya yang indah, burung yang satu ini juga terkenal kerena kecepatan terbangnya yang super cepat.

Banyangkah hanya dalam waktu 1 detik saja burung ini sudah mampu mengelepakkan sayapnya kira-kira antara 13-85 kali. Tidak hanya itu, bahkan dlam waktu 1 detik saja burung kolibri mampu menghasilkan 600 gerakan yang berbeda. Wah sungguh mengagumkan sekali.

Gambar Burung Kacer

gambar-burung-kecer-unik

Burung ini merupakan jenis burung pengicau yang banyak degemari. Burung kecer ini mempunyai ciri-ciri dan salah satunya ialah mempunyai warna hitam dan putih.

Burung ini pada saat bertengker disebuah pohon maupun saat mencari makan di bawah, pasti ekornya yang panjang akan selalu berdiri.

Hoby dari burung ini ialah sangat suka berjelajah ke berbagai tempat, apalagi burung yang satu ini punya kemampuan terbang yang cepat dan gesit, sehingga alhasil untuk berpindah dari satu tempat ke tempat yang lainnya sangat mudah dan biasanya tidak membutuhkan waktu yang lama.

Habita burung kecer yaitu berada di dataran rendah sampai di atas dengan ketinggian mencapai 1000 meter. Burung kecer ini sering kali dijumpai dan kita lihat pada perumahan perumahan penduduk pada zaman dahulu.

Gambar Burung Pleci

gambar burung pleci unik

Kamu tau burung pleci ? Jika berlum tau kamu bisa lihat gambar burung pleci di atas, dan menurut kamu burung tersebut cantik atau tidak ?

Burung ini terlihat cantik dan mungil, namun walaupun tubuh burung pleci ini sangat mungil tapi suara yang dikeluarkan oleh burung ini sangatlah lantang dan merdu kalau untuk ukuran tubuh yang kecil seperti ini.

Sehingga berkat kemerduan dan kelantangan suaranyalah burung pleci ini sangat laku di pasaran.

Jika di banding dengan jenis burung lainnya yang paling laku ya burung ini dan bahkan ada sejumlah komunitas yang merupakan penggermar burung pleci yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Supaya menghasilkan pleci yang gacor dan banyak berkicau maka perawatan sangatlah penting untuk dilakukan. Nah, perawatan yang paling penting yaitu pada makanannya.

Jika saat ini ternyata kamu memelihara burung pleci dengan suara yang bagus atau masteran, maka kamu harus melakukan perawatan khusus agar bunyinya tetap terjaga dan bahkan biar tambah bagus.

Hal yang harus kamu lakukan ialah menjemurnya pada saat pagi hari dan kamu juga harus ngasi makan burung ini dengan makanan khusus seperti kacang hijau dan gula merah. Hal tersebut tidak lain dan tidak bukan agar burung pleci peliharaan kamu tambah gacor.

Gambar Burung Murai

gambar burung murai batu unik

Jenis burung murai ini paling banyak ditemukan di pasaran dan jenisnya pun bermacam-macam salah satunya yaitu burung murai batu.

Karena suaranya yang merdu, oleh penggemarnya sering kali burung ini di ikutkan kontes kicau burung.

Seperti yang telah kamu sebutkan diatas bahwa burung murai batu ini mempunyai suara yang sangat merdu dan juga goyangan yang khas ketika bersuara, maka tak heran jika ada banyak sekali komunitas penggemarnya yang tersebar di seluruh Indonesia.

Burung ini tidak hanya ada di Indonesia saja bahkan sampai pada seluruh Negara yang terdapat di Asia lho. Untuk di Indonesia sendiri jenis burung ini tersebar dari berbagai daerah seperti di Sumatera, Kalimatan dan Jawa.

Yang menjadi daya tarik bagi penggemar burung murai batu ini yaitu terletak pada gaya khasnya ketika berkicau seperti gaya teler kepala miring dan ekor yang berdiri.

Gambar Burung Maleo

gambar burung langka

Burung yang satu ini warnanya di dominasi oleh warna hitam dan juga memiliki ukuran tubuh yang sedang dengan panjang kira-kira 55 cm.

Sedangkah warna kulit yang ada disekitar matanya yaitu berwarna kuning. Pada iris mata burung maleo mempunyai warna merah kecoklatan.

Jambul dan juga tanduknya yang berwan hitam merupakan ciri khas dari burung ini. Bagian paruh berwarna jingga dengan kaki berwarna abu-abu dan bulu di bagian sisi bawahnya berwarna merah mudah dan agak sedikit keputih-putihan.

Jika kita lihat dari bentuk fisiknya atara burung maleo betina dan yang jantan sama. Cuman disini jika maleo betina cendrung memiliki ukuran tubuh agak lebih kecil dan juga warnanya yang lebih kalem bila dibandingkan maleo jantan.

Adapun telur yang dihasilkan oleh jenis burung yang satu ini ukurannya sangatlah besar dengan berat mencapai 250 gr. Sudah tentu telur burung maleo 5 kali lebih besar jika dibandingkan dengan ukuran besarnya telur ayam kampung.

Uniknya dari burung ini yaitu terkenal sebagai burung yang setia terhadap pasangannya. Biasanya setelah pasangannya mati, maka burung betina tidak akan betelur lagi sampai kapanpun.

Wah, sepertinya hal ini patut kamu contoh wkwkwkwkwk.

Walaupun burung ini mempunyai bulu yang sangat panjang pada sayapnya, tapi uniknya burung ini lebih memilih untuk berjalan kaki lho. Tonjolan pada bagian kepala dari burung maleo mempu untuk mendeteksi panas bumi paling sesuai dalam menetaskan telurnya.

Anak Burung Maleo 

Tanpa bantuan induknya anak burung maleo ini sudah bisa mencari makan sendiri dan bisa dikatakan anak burung maleo sudah mandiri sejak kecil. Selain itu anak burung maleo juga mempunyai kamampuan terbang sehingga bisa mencapai permukaan.

Jika pada umumnya kebanyakan burung dalam nenetaskan telurnya menggunakan cara mengerami, tapi tidak dengan burung ini.

Ya, burung tersebut mengubur telurnya di dalam pasir yang mempuyai kedalaman sekitar 50 cm. Biasanya letak penguburan telur tersebut yaitu berada di dekat sumber air panas.

Telur burung maleo akan menetas apabila sudah sampai 2 sampi 3 bulan dengan suhu antara 32-35 derajad Celcius. Ketika menetas kemudian anak tersebut berusaha naik ke permukaan tanah akan tetapi sama sekali tidak dibantu oleh induknya.

Tapi untuk mecapai permukan memakan waktu yang lama sekali yaitu sekitar 2 hari. Akan tetapi apabila nanti anak burung maleo tersebut ternyata selama 3 hari tidak mampu sampai pada permukaan maka sudah dipastikan bahwa ia sudah mati.

Gambar Burung Wallet

gambar burung walet cantik

Nama burung walet sudah tidak asing lagi bagi kita yang hidup di Negera Indonesia. Taukah kamu bahwa burung walet ini banyak sekali dijadikan sebagai bisnis yang untungnya selangit alias besar.

Kenapa demikian ? Sebab air liur dari burung walet tersebut mempunyai fungsi sebagai obat dan hal ini lah yang membuat burung walet ini harganya sangat mahal.

Cara memelihara atau ternak burung walet bisa di bilang sangatlah mudah. Oleh sebab itu banyak sekali masyarakat yang membudidayakan untuk kemudian di ambil liurnya.

Untuk caranya sendiri yaitu pertama kamu hanya perlu menyiapakan sebuah gedung yang letaknya jauh dari keramaian

Nah, ketika burung walet tersebut sudah masuk ke gedung tersebut, maka dengan mudahnya ia akan menetap dalam gedung itu, lalau setelah burung tersebut menetap maka akan menghasilkan air liur. Gimana kamu tertarik untuk memelihara burung yang satu ini ?

Gambar Burung Bangau

gambar burung bagau unik

Coba sekarang kamu amati gambar burung bagau tersebut. Kemudian setelah kamu amati lalu kamu simpulkan. Pasti kesimpulan kamu ialah bahwa burung tersebut termasuk burung yang besar.

Burung ini suka berpindah-pindah dari tempat yang satu ketampat yang lainnya dengan ketinggian hingga satu sampai setengah meter.

Disamping itu, hampir semua burung ini mempunyai sayap putih lebar dengan ekor yang berwarna hitam serta panjang.

Adapun paruh dari burung ini berwarna merah sehingga ketika kita lihat maka akan terlihat sangat cantik dan indah. Mungkin kamu bertanya apakah burung ini bersuara ?

Tentu saja tidak, itu semua disebabkan karena burung ini tidak mempunyai organ suara syirinx didalam tubuhnya. Oleh karena itu ketika ia berkomunikasi dengan pasangannya, biasanya burung tersebut menggunakan cara saling mengadu paruhnya.

Sedangkah makanan utama dari burung bangau ialah ikan, burung kecil, katak, maupun mamalia kecil yang ada dipantai atau lahan basah.

Sedangkan berat tubuh dari burung ini lebih berat dari bentangan sayapnya yang sangat lebar yaitu kira-kira mencapai 3,2 meter.

Gambar Burung Unta

gambar burung unta unik

Tinggi burung unta mencapai 2,5 meter dan burung ini memilki tubuh yang sangat besar dengan berat 140 kg. Namun ukuran kepalanya sangatlah kecil tapi lehernya sangat panjang hingga sampai 1 meter.

Sedangkan pada bagian leher dan kepalanya sama sekali tidak ditumbuhi bulu. Akan tetapi jika di bagian tubuhya ditumbuhi bulu yang sangat lebat sekali.

Antara burung unta yang jantan dan betina mempunyai perbedaan di bulunya. Ya, jika burung unta betina mempunyai bulu yang berwarna cokelat keabu-abuan sedangkan yang jantan mempunyai bulu yang berwarna hitam.

Adapun leher dari burung unta sangatlah panjang sehingga memudahkan ia dalam melihat posisi musuh. Nah, dengan begitu apabila ada serangan secara tiba-tiba maka ia bisa menghindar dengan cepat.

Sedangkan jari kaki dari burung ini hanya ada dua. Hal inilah yang kemudian menjadi pembeda antara burung unta dengan burung lainnya. Walau jari kakinya cuman ada dua, tapi kedua jari tersebut mempunyai fungsi khusus yaitu untuk mencakar musuh yang sudah menyerah.

Gambar Burung Jalak

gambar burung jalak keren

Karena penampilan fisiknya yang indah, maka burung ini sangat mudah sekali untuk dikenali. Nah, burung jalak juga ada jenisnya dan salah satu jenis burung jalak ialah jalak bali yang terkenal memiliki kicauan yang sangat merdu dan indah.

Tapi sangat sayang sekali populasi dari burung jalak ini semakin punah diakibatkan karena banyak sekali orang yang memburunya. Karena statusnya yang dilindungi, burung ini dilarang untuk di perdagangkan.

Jika kamu berkeinginan atau berniat untuk memelihara burung jalak bali, maka jalan yang harus kamu temupuh yaitu melalui cara yang legal

Adapun ciri dari burung jalak ini ialah warnanya putih dan bersih sehingga sangat memikat orang yang melihatnya. Sedangkan bulu pada bagian sayap dan ekornya berwarna hitam.

Kemudian ciri selanjutnya dari burung jalak bali ialah warna mata yang sangat khas yaitu warnanya cokela tua.

Sedangkan disekitar kelopak mata dari burung ini sama sekali tidak ditumbuhi bulu berwarna biru tua.

Yang membuat burung jalak bali terlihat sangat indah yaitu karena terdapat jambul pada bagian kepalanya. Apalagi ketika berkicau, jambul tersebut akan berdiri tegak dan semakin terlihat cantik.

Itulah beberapa informasi mengenai gambar burung langka, unik dan cantik. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan kamu. Terimakasih telah berkunjung. ?

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: