Inilah 9 Buaya Terbesar Di Dunia yang Bikin Bulu Kuduk Merinding

Buaya Terbesar Di Dunia – Bagi kamu nama buaya pasti tidak asing lagi iya kan ? Yup,, tidak haya kamu, semua orang sudah tau dengan nama hewan yang satu ini.

Buaya merupakan binatang purbakala yang sampai saat ini masih hidup. Taukah kamu bahwa saat ini buaya yang paling besar di dunia berhabitat di daerah persugihan.

Binatang yang satu ini pada umumya banyak hidup di air tawar, tapi ada juga yang hidup di laut dan itu hanya beberapa saja dan tidak banyak.

Buaya oleh orang dikenal sebagai binatang yang sangat ganas. Jika kamu berhadapan dengan hawan yang satu ini janga sekali kali kamu mendekat apalagi mempermainkannya. Sebab baru baru ini terdengar kabar bahwa buaya menerkam manusia.

Hehe ini bukan untuk menakut-nakuti lho ya, melainkan supaya kamu tetap waspada dan tidak sampai lalai dalam menjaga keselamatan diri sediri.

Jumlah populasi buaya yang ada di Indonesia saat ini bisa di bilang cukup banyak khususnya di daerah yang sagat terpencil seperti di Kalimantan.

Buaya Terbesar Di Dunia

Hewan yang terkenal sangat ganas dan menakutkan ini mempunyai banyak sekali ragam atau macamnya. Selain itu, buaya juga mempunyai jenis dan juga ukuran yang berbeda beda, semua itu tergantung pada geografis dimana ia tinggal.

Buaya merupakan reptile yang berdarah dingin yang siap kapanpun dan dimanapaun untuk menerkam apa saja yang ada di hadapannya. Apalagi bagi mereka yang mengusik atau mengganggunya.

Nah, apakah kamu tau tentang macam-macam buaya ? Jika kamu belum tau mari kita simak penjelasannya di bawah ini.

1 .Yai Dan Utan – Buaya Blasteran Terbesar 

yai dan utan buaya terbesar di dunia

buaya terbesar di dunia

Buaya jenis ini merupakan buaya blasteran yaitu dari buaya siam dengan  buaya muara. Kabarnya buaya ini muncul pada tahun 1972. Adapun bobot tubuh dari jenis buaya tersebut mencapai 1.112.27 kg dan panjangnya kurang lebih sekitar 6 meter.

2. Gustave – Sungai Nil

gustave buaya terbesar di dunia

Guatave merupakan nama untuk buaya yang berjenis jantan berukuran sangat besar dan buaya ini berasal dari sungai nil.

Dan taukah kamu  bahwa kabarnya buaya ini sudah memakan korban dan korabanyya tidak sedikit melainkan sudah ratusan manusia yang pernah di makannya. Wah ngeri juga ya..

Habitat buaya Guatave berada di perairan asin dan usianya di perkirakan mencapai 100 tahun.

3. Lolong – Air Asin

lolong buaya terbesar di dunia

Buaya yang satu ini mempunyai tubuh yang sangat besar yaitu ukuran tubuhnya bisa mencapai satu ton lebih. Sedangkan ukuran panjang tubuhnya 6 meter.

Biasanya buaya ini hidup di perairan air asin. Jenis buaya ini tidak jauh berbeda dengan jenis buaya dominator di atas.

4. Kalia Buaya Terbesar Di Dunia

kalia buaya terbesar di dunia

Buaya kalia di perkirakan berat badannya bisa mencapai 2000 kg. Buaya kalia ini berasal dari india dan berhabitat di perairan air asin.

Perlu kamu ketahui juga bahwa saat ini buaya kalia sudah resmi mendapatkan predikat buaya terbesar di dunia lho. Tidak bisa membayangkan kira-kira gimana ya kalau menerkam mangsanya, pasti sekali terkam langsung KO hehe.

Cassius Buaya Terbesar di Dunia

cassius buaya terbesar di dunia

Jenis buaya Cassius mempunyai berat tubuh sekitar 1 ton dan panjangnya mencapai 5,5 meter.

Buaya cassius tersebut berasal dari Australia. Dan keberadaannya baru di temukan sekitar tahun 1994 dan baru masuk penangkaran yaitu pada tahun 1997.

Oh iya kamu tau kenapa buaya ini diberi nama cassius ? Yups,,Pemberian nama Cassius sendiri berasal dari nama petinju legendaris kelas berat yaitu cassius clay.

Uniknya buaya ini katanya mempunyai usia yang sangat panjang dan bahkan lebih panjang dari umur manusia rata-rata. Umurnya buaya cassius kurang lebih sekitar 112 tahun.

6. Puento Noire – Buaya Terbesar Di Dunia 

buaya terbesar di dunia yang tertangkap manusia

Gimana sangat besar bukan buaya Puento Noire ? Buaya ini merupakan buaya raksasa yang pernah di temukan oleh manusia.

Buaya ini bisa di katakan jenis hewan yang sangat jarang di temukan sebab habitatnya berada dalam perairan pendalaman dari desa yang sangat terpencil.

Jika kita lihat dari ukurannya saja, buaya ini sangat menakutkan dan pasti sekali menerkam musuhnya langsung tewas.

Kamu ingin tau ukuran buaya ini Ini berapa ? Ukurannya kurang lebih mencapai 17 71 kaki atau 5, 39 meter. Sangat besar bukan ?

7. Brutus- Monster Buaya

yai dan utan buaya terbesar di dunia

Jenis buaya dengan tipe Burutus tersebut memang di kenal oleh orang sebagai buaya moster. Kenapa di kenal sebabagai monster ?

Tidak lain dan tidak bukan kerena memang ukuran dari dari binatang yang satu ini sangat besar dan semakin bertambah bulan akan semakin bertambah besar.

Di perkirakan buaya ini mempuyai panjang kurang lebih sekitar 5, 5 meter dan beratnya bisa mencapai kurang lebih 890 Kg.

8. Dominator

dominator buaya terbesar di dunia

Buaya yang dikenal dengan nama dominator tersebut mempunyai ukuran yang sangat panjang yaitu mencapai 5 sampai 6 meter. Sedangkan beratnya mencapai satu ton lebih. Wah, sangat besar bukan ?

Haibitat buaya dominator  berada di perairan asin. Buaya ini sama-sama menakutkan dan mengerikan dengan buaya burutus, selain itu ternyata buaya ini juga di temukan satu wilayah dengan buaya brutus.

9. Gomek Buya Muara Terbesar

gomek buaya terbesar di dunia

Buaya gomek mempunyai ukuran tubuh mencapai 7,1 meter dan masih bisa terus tumbuh sampai nanti mempunyai berat sekitar 1. 114, 27 kg. Adapun tempat atau habitat buaya ini yaitu di muara.

Oh iya, untuk ukurannya sendiri sebenarnya di pengaruhi oleh apa yang di komsumsi dalam kesehariannya.

Disamping itu, uniknya buaya ini tidak seperti buaya yang lainnya yaitu tidak menyerang manusia jadi sangat aman jika kamu bermain-main dengan buaya ini. Tapi walaupun begitu, kamu harus tetap berhati-hati lho ya hehe.

Kelemahan Buaya

Nah, untuk kamu ni khusunya bagi pencinta reptile ini, kalau boleh kami saranin, sebaiknya kamu harus mengenali beberapa sisi kelemahan dari buaya ini.

Jika kamu masih belum tau, tanang saja karena kami akan memberi tahu kamu tentang kelemahan kelamahan buaya. Berikut ini penjelasan tentang titik lemah dari reptile buaya yang tergolong sangat berbahaya.

Perlu kamu ketahui bahwa setiap mahluk hidup pasti mempunyai sisi kelebihan dan juga sisi kelemahan, adapun sisi kelemahan tersebut yaitu terletak pada mulut dan ototnya.

Oleh karena itu jika kamu ingin terhihdar dari serangannya, maka caranya kamu harus menutup mulutnya dan cara tersebut merupakan cara terbaik yag bisa kamu lakukan.

Sebab dengan kamu memakai cara seperti itu, maka senjata utama dari buaya tersebut tidak dapat di gunakan lagi. Terlebih lagi bahwa leher buaya itu sangatlah kaku sehingga alhasil ketika mulutnya sudah di tutup maka yang terjadi ia akan merasa kesulitan untuk menggerakkan kepalanya untuk menerkam mangsanya.

Perlu kamu ketahui juga bahwa ternyata apabila mulut buaya tertutup maka akan membuatnya menjadi lunglai dalam pergerakannya.

Cara Menghindari Serangan Buaya

Jika kamu pencinta reptile khususnya buaya, nah kamu boleh mecoba tips ini untuk menhidari serangan buaya. Jadi jika suatu saat ada kejadian yang tidak di inginkan maka paling tidak kamu sudah tau cara mengatasinya.

  • Tips pertama yaitu kamu jangan sekali kali mendekati perairan atau sungai. Jika kamu memang harus berenang, sebaiknya berenanglah di sekitar habitat buaya, dan usahakan juga hindari tempat yang berpotensi membahayakan terutama di tempat seperti misalnya di pusaran atau sumber airnya.
  • Jika kamu terjebak dan jatuh di perahu atau kapal misalnya, maka hal yang harus kamu lakukan ialah usahakan jangan membuat heboh, dan berenang lah kepinggir secara perlahan-lahan.
  • Usahakan berenang dengan gaya dada.

Fakta-Fakta Tentang Buaya

Taukah kamu bahwa buaya mempunyai fakta-fakta penting yang harus kamu ketahui. Nah, kira-kira fakta tersebut apa ? Yuk di simak penjelasannya di bawah ini.

  • Buaya mempunyai 24 gigi rahang yang mana gigi tersebut dapat di gunakan untuk memakan dan mencabik-cabik tubuh mangsanya.
  • Buaya yang satu ini merupakan bianatang petelur yang hidup sekitar 240 juta tahun yang lalu.
  • Buaya memangsa burung, ikan, mamalia, dan bahkan manusia juga di mangsa oleh binatang ganas ini.
  • Buaya merupakan binatang yang memiliki ukuran panjang kurang lebih sekitar 6-7 meter dan beratnya bisa mencapai 1 ton. Kulit buaya Bagi suku tertentu di gunakan sebagai lambang kekuatan dan juga keberanian.
  • Buaya merupakan binatang yang mempunyai kulit yang sangat kuat dan tebal. Bahkan dari saking tebalnya tombak dan anak panah tidak bisa menembusnya.
  • Biasanya buaya dalam melakukan penyelaman kedasar air, supaya mencapai dasar air, maka ia akan memakan batu-batu kecil terlebih dahulu hal itu bertujuan tidak lain dan tidak bukan supaya tubuhnya terasa sedikit lebih berat dari sebelumnya sehingga lebih mudah untuk segera sampai ke dasar air.

Bagi kamu khusunya pecinta reptile sebaiknya berhati-hati. Karena kenapa ? Karena seringkali banyak para pawang yang memperkenalkan dirinya yang katanya mampu menaklukkan buaya tapi ternyata tiba-tiba di terkam oleh buaya itu sendiri.

Oleh karena itu demi menjaga keselamatan, sebaiknya kamu menjaga jarak dengan reptil ganas yang satu ini dan jangan sampai kamu menjadi korbannya.

Itulah pembahasan tentang buaya terbesar di dunia, dan semoga iformasi ini bisa menambah wawasan kamu dan terimakasih telah berkunjung.

 

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: